9 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Ponsel

Beli Smartphone

BerandaJakarta.com – Apakah Anda sedang mencari ponsel baru? Sebaiknya, jangan terlalu buru-buru dalam menentukan pilihan. Sebab, banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan supaya tidak menyesal setelah membelinya. Supaya tidak mengalami kerugian seperti itu, sebaiknya Anda mencari informasi lebih detail mengenai ponsel pintar yang ingin Anda beli.

Selain itu, carilah smartphone yang benar-benar Anda butuhkan. Jangan hanya melihat dari tampilan luarnya saja. Selain itu, bagi Anda yang terhalang masalah biaya, kini tidak perlu risau lagi. Sebab, terdapat berbagai kemudahan yang disediakan perusahaan atau platform tempat Anda membeli hp. Contohnya seperti e commerce Traveloka yang menyediakan sistem pembayaran kredit atau cicilan. Kredit hp Traveloka adalah salah satu solusi masalah bagi Anda yang tidak ingin langsung mengeluarkan uang banyak sekaligus.

Namun, sebelum menentukan membeli jenis dan model ponsel mana yang cocok untuk Anda, mari simak beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan membeli telepon genggam.

Mempertimbangkan Prosesor

Kembali lagi pada awal tujuan, apakah kebutuhan ponsel yang Anda cari? Sebab, hal ini akan mempengaruhi Anda dalam membeli ponsel nantinya. Seperti ponsel yang digunakan untuk bermain games, maka akan memerlukan aplikasi yang berat. Sehingga prosesor semacam A11 Bionic atau Snapdragon 835 adalah pilihan yang tepat.

Akan tetapi, jika memang hanya Anda gunakan untuk sarana komunikasi seperti melalui media sosial, maka ponsel pintar dengan Snapdragon 660 atau yang setaranya saja sudah cukup baik.

Memperhatikan Sistem Operasinya

Tentukanlah pilihan Anda, apakah yang Anda cari? Apakah ponsel Android, atau ponsel iOS? Banyak orang yang menilai bahwa iOS lebih mudah digunakan, ketimbang Android. Namun, iOS sangat eksklusif, sehingga Anda tidak memiliki banyak pilihan dan harus bergantung dengan ekosistem Apple.

Hal sebaliknya, Android lebih memiliki banyak pilihan aplikasi. Aplikasi juga dapat Anda unduh lebih mudah melalui playstore. Akan tetapi, di samping itu kadang kala akan membuat Anda lebih bingung, sebab kurasinya tidak sejelas iOS.

Memeriksa Kualitas Display

Jangan lupa untuk memeriksa kualitas dari display ponsel yang ingin Anda beli. Cobalah untuk memperhatikan seberapa terang layar ponsel yang ingin Anda beli. Periksalah juga seberapa tajam warna dari layar tersebut. Tujuannya supaya ketika berada di luar ruangan, Anda tetap bisa melihat dengan jelas.

Kualitas Kamera Urusan Nanti

Jika memang ponsel yang akan Anda beli tidak digunakan untuk pekerjaan seperti memotret atau mengambil video, maka dahulukanlah urusan resolusi kameranya. Masalah hasil jepretan foto yang apik memang dipengaruhi oleh kualitas dari lensa. Akan tetapi, sebagian besar hasilnya tetap tergantung pada siapa yang memotretnya.

Selagi memikirkan ukuran megapixel pada kamera, cobalah untuk memfokuskan seberapa kuatkah fitur-fitur yang ada di dalam ponsel tersebut. seperti lensa dual atau optical image stabilization nya, serta situr aperture nya.

Ketahanan Baterai

Ketahanan baterai adalah sesuatu yang juga patut untuk Anda pertimbangkan. Baterai yang memiliki kapasitas besar memanglah bagus. Namun, hal tersebut tidak dapat dijadikan kunci utama apakah ponsel Anda akan aktif sepanjang hari.

Pasalnya, ada fitur-fitur dan aplikasi yang akan menguras baterai. Jika memang ponsel Anda tidak memiliki fitur berat dan aplikasi yang banyak, maka hp dengan kapasitas baterai 3.000 mAh sudah cukup.

Perhatikan Memori Internal

Memori internal adalah salah satu kunci kecepatan kerja ponsel Anda. Sebab, jika memori Anda termakan habis, maka kinerja hp cenderung lebih lambat. Terlebih, setiap tahun aplikasi akan mengalami upgrade sehingga akan lebih banyak menyita ruang penyimpanan.

Melihat Ukuran Layar

Pertimbangkan kembali tujuan Anda membeli ponsel tersebut. Termasuk apakah akan digunakan untuk bermain game atau menonton video. Jika memang terkait hal tersebut, maka sebaiknya Anda membeli ponsel dengan ukuran layar yang besar.

Akan tetapi, jika tujuan Anda membeli ponsel hanya untuk hal-hal yang praktis saja maka tidak masalah dengan ukuran layar standar. Nantinya hp yang Anda beli dapat dibawa kemanapun.

Jangan Tergiur Oleh Desain

Desain ponsel yang apik memanglah dambaan banyak orang. Akan tetapi, di samping hal itu, Anda tetap harus lebih memperhatikan spesifikasi dari ponsel yang ingin Anda beli.

Mempertimbangkan Harga

Harga adalah salah satu pertimbangan yang harus Anda perhatikan. Jika memang ponsel yang Anda beli hanya dibutuhkan untuk berkomunikasi atau kebutuhan dasar saja, maka sebaiknya Anda tidak membeli ponsel yang bernilai fantastis.

Pilihlah ponsel kelas menengah yang tentunya memiliki spesifikasi yang bagus. Akan tetapi, jika Anda tidak khawatir dengan masalah harga, tentu membeli ponsel keinginan Anda bukanlah sebuah masalah. Di samping itu, jika Anda ingin mendapatkan banyak promo menarik, cobalah membeli online di platform resmi seperti Traveloka. Akan ada banyak promo yang membuat Anda lebih hemat.

Share:

Related Post

Leave a Comment