Cara Hemat Berwisata di Jakarta bagi Mahasiswa

Redaksi Beranda Indonesia

0

Link

BerandaJakarta.com – Halo, Sobat Gen Z! Buat kalian yang sedang kuliah di Jakarta atau hanya berkunjung, merasakan kenikmatan berwisata di ibukota nggak harus selalu bikin kantong jebol. Mau tau caranya? Ikuti tips-tips hemat berwisata khusus buat mahasiswa berikut ini. Siapkan notes dan catat baik-baik!

1. Manfaatkan Transportasi Publik Transportasi bisa menjadi salah satu pengeluaran terbesar saat berwisata. Jadi, daripada menggunakan taksi atau ojek online, coba deh manfaatkan transportasi publik seperti TransJakarta, KRL, atau MRT. Selain murah, kalian juga bisa merasakan pengalaman lokal dan menghindari kemacetan.

2. Wisata Kuliner ala Kaki Lima Siapa bilang makan enak di Jakarta harus di restoran mahal? Cobalah berburu kuliner di kaki lima. Banyak loh jajanan legendaris yang harganya ramah di kantong tapi rasanya juara. Seperti nasi goreng, soto betawi, ketoprak, dan masih banyak lagi!

3. Kunjungi Tempat Wisata Gratis Banyak tempat keren di Jakarta yang bisa dikunjungi tanpa mengeluarkan biaya. Misalnya Taman Suropati, Taman Menteng, atau Monas. Buat yang hobi foto-foto, beberapa spot ini juga Instagramable banget.

4. Cari Promo Tiket Masuk Buat tempat wisata yang berbayar, biasanya ada promo khusus untuk pelajar atau mahasiswa. Jadi, jangan lupa bawa dan tunjukkan kartu mahasiswa kalian. Selain itu, sering-sering cek aplikasi booking online. Siapa tahu ada diskon menarik!

5. Berwisata Edukasi di Museum Jakarta punya banyak museum keren yang tiket masuknya terjangkau. Seperti Museum Nasional, Museum Bank Indonesia, atau Museum Tekstil. Selain bisa berwisata, kalian juga bisa menambah ilmu. Dua-duanya deh!

6. Gabung dengan Komunitas Mahasiswa Banyak komunitas mahasiswa yang sering mengadakan trip atau ekspedisi hemat ke berbagai tempat di Jakarta. Selain lebih murah, kalian juga bisa bertemu dengan teman-teman baru.

7. Menginap? Carilah Penginapan Ekonomis Kalau kalian dari luar kota dan butuh tempat menginap, banyak kok penginapan atau hostel dengan harga terjangkau di Jakarta. Coba cek platform seperti Airbnb atau Booking.com untuk mencari tawaran menarik.

8. Jangan Malu Tawar Menawar Ini penting, terutama saat berbelanja di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh. Kebiasaan tawar menawar memang sudah menjadi budaya di sini. Tapi ingat, tawar dengan bijak ya!

9. Manfaatkan Aplikasi Gunakan aplikasi seperti Gojek atau Grab untuk mencari promo makanan, transportasi, atau tempat wisata. Selalu update aplikasi kalian untuk mendapatkan informasi diskon terbaru.

10. Rencanakan Wisata dengan Matang Sebelum berangkat, buatlah rencana yang matang. Tentukan tempat-tempat yang ingin dikunjungi, anggaran yang harus dikeluarkan, dan pastikan semua sesuai dengan budget.

Jadi, buat Sobat Gen Z yang mahasiswa, jangan sampai keterbatasan budget menghalangi niat kalian untuk berwisata di Jakarta. Dengan persiapan yang matang dan tips-tips di atas, kalian bisa menikmati keindahan dan keunikan ibukota tanpa harus ‘membakar’ dompet. Selamat berwisata dan jangan lupa untuk selalu bersenang-senang! πŸŒ†πŸœπŸ“ΈπŸšŒπŸŽ’πŸŽ‰

Share:

Related Post

Leave a Comment