Ini Dia Batik Tunik, Pakaian yang Cocok untuk Formal atau Kasual

batik tunik

BerandaJakarta – Tidak sedikit orang yang merasa bingung saat mencari baju yang fleksibel alias cocok digunakan baik untuk acara formal ataupun kasual. Nah, Anda bisa memilih baju model batik tunik yang punya motif batik dengan potongan yang simple ala tunik.

Variasi motif batik-nya pun beragam, Anda bisa pilih sesuai selera, mulai dari motif batik yang ramai hingga yang terlihat simple sehingga cocok untuk digunakan pada acara dengan suasana kasual. Nah, berikut ini penjelasan dari baju batik tunik.

Pengertian Batik Tunik 

Istilah “Batik Tunik” mengacu pada busana wanita yang terbuat dari kain batik. Batik adalah seni tradisional Indonesia dalam menciptakan pola kain dengan cara menerapkan lilin cair pada kain lalu mewarnainya. Motif batik khas Indonesia memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

Tunik adalah jenis pakaian yang biasanya memiliki potongan longgar dan seringkali dipadukan dengan celana atau legging. Tunik umumnya memiliki panjang yang lebih panjang daripada blus biasa dan seringkali menutupi bagian pinggang hingga paha.

Jadi, batik tunik adalah busana wanita yang menggunakan kain batik sebagai bahan utamanya dan memiliki gaya potongan tunik yang longgar dan panjang. Batik tunik sering dianggap sebagai pilihan pakaian yang nyaman dan anggun, serta mencerminkan keindahan seni batik Indonesia.

Baju Tunik

Tunik adalah jenis pakaian yang memiliki potongan longgar dan biasanya panjangnya mencapai sekitar pinggul atau lebih rendah. Baju tunik dalam konteks mode modern lebih umum digunakan untuk menggambarkan pakaian wanita.

Ciri khas tunik adalah potongannya yang longgar dan tidak ketat di tubuh. Tunik sering memiliki lengan pendek atau lengan 3/4, tetapi ada juga yang berlengan panjang atau tanpa lengan. Sebagian besar tunik dirancang untuk menutupi bagian pinggang hingga panggul atau bahkan hingga bagian paha, sehingga dapat dipadukan dengan celana panjang, legging, atau rok.

Tunik sering dianggap sebagai pilihan pakaian yang serbaguna dan nyaman karena memberikan sedikit ruang gerak bagi pemakainya. Mereka cocok untuk berbagai kesempatan, mulai dari acara santai, pakaian sehari-hari, hingga pakaian semi-formal tergantung pada bahan, pola, dan aksesoris yang digunakan.

Tunik juga memiliki beragam gaya dan desain, termasuk model dengan potongan lurus, potongan A, potongan empire, dan banyak lagi. Selain itu, tunik sering dihiasi dengan berbagai hiasan seperti bordir, batik, kancing, renda, atau detail lainnya untuk memberikan tampilan yang lebih menarik.

Selama sejarahnya, tunik telah menjadi bagian dari berbagai budaya dan telah diadaptasi ke dalam berbagai gaya fashion, termasuk gaya Barat dan pakaian tradisional dari berbagai negara. Dalam beberapa tahun terakhir, tunik juga menjadi tren populer dalam dunia fashion karena kenyamanannya dan kesesuaiannya dengan berbagai bentuk tubuh.

Jika Anda tertarik untuk memiliki baju batik tunik, ada baiknya untuk mengetahui cara merawat baju batik tunik atau baju batik pada umumnya. Baju batik perlu dirawat dan dicuci dengan cara yang  tepat, karena baju batik berbeda dengan pakaian pada umumnya.

Berikut ini 8 cara merawat baju batik:

  1. Cuci Menggunakan Tangan

Sebaiknya cucilah baju batik tunik dengan tangan menggunakan air dingin atau suam-suam kuku. Hindari penggunaan mesin cuci karena bisa merusak motif batik dan menyebabkan pakaian cepat rusak.

  1. Gunakan deterjen Khusus Batik

Jika Anda ingin mencuci baju batik Anda dengan sabun atau deterjen, pastikan Anda menggunakan deterjen yang dibuat khusus untuk baju batik. Deterjen khusus baju batik dibuat agar tetap dapat mencuci baju batik secara maksimal, namun juga tetap menjaga warna batik dan tidak merusak serat kain 

  1. Hindari Perendaman Terlalu Lama

Cucilah batik tunik dengan cepat, hindari merendamnya terlalu lama karena bisa menyebabkan pewarna batik luntur.

  1. Jangan Gosok Terlalu Keras

Hindari menggosok batik tunik terlalu keras saat mencuci atau mencuci menggunakan sikat kasar karena bisa merusak motif batik dan menyebabkan robekan pada kain. 

  1. Keringkan Dengan Cara Digantung

Setelah dicuci, keringkan batik tunik dengan cara digantungkan di tempat yang teduh. Hindari menjemur langsung di bawah sinar matahari karena sinar UV bisa memudarkan warna batik.

  1. Hindari Penggunaan Mesin Pengering

Jangan mengeringkan batik tunik menggunakan mesin pengering, karena panas yang tinggi bisa merusak serat kain dan menyebabkan penyusutan pada pakaian.

  1. Setrika Pada Suhu Rendah

Jika perlu menyetrika batik tunik, lakukan dengan suhu setrika rendah. Letakkan kain pelindung seperti kain putih di atas batik sebelum menyetrika untuk menghindari kontak langsung dengan setrika yang panas.

  1. Simpan dengan hati-hati

Simpan batik tunik di lemari yang bersih dan kering. Hindari menyimpannya bersama benda-benda tajam atau benda yang bisa merusak kain. 

Dengan merawat batik tunik dengan baik, Anda dapat memperpanjang umur pakai pakaian ini dan tetap menikmati keindahan motif batiknya dalam jangka waktu yang lebih lama.

Jika Anda tertarik untuk punya batik tunik atau baju batik model lainnya, Anda bisa membelinya dengan mudah di Blibli. Ada banyak pilihan busana batik yang bisa Anda pilih. Nikmati juga promo dan kemudahan belanja hanya di Blibli.

Share:

Related Post

Leave a Comment