Mitos vs Fakta: Kebiasaan Sehat yang Sering Salah Kaprah

Redaksi Beranda Indonesia

0

Link

BerandaJakarta.com – Eits, jangan cepat percaya, Sobat Gen Z! Di era digital ini, informasi mengenai kesehatan bisa didapat dengan mudah. Tapi, hati-hati, banyak juga info yang salah kaprah. Biar nggak salah langkah, yuk kita bedah mitos dan fakta dari kebiasaan sehat yang sering jadi bahan perbincangan!

1. Mitos: Minum 8 gelas air setiap hari. Fakta: Kebutuhan air setiap orang berbeda-beda. Sebaiknya dengarkan tubuhmu. Minumlah saat merasa haus dan pastikan urinmu berwarna kuning muda.

2. Mitos: Detoks dengan jus buah bisa ‘membersihkan’ tubuh dari racun. Fakta: Tubuh kita memiliki sistem detoksifikasi alami melalui hati dan ginjal. Jus buah memang sehat, tapi bukan berarti bisa ‘mengeluarkan’ racun dari tubuh.

3. Mitos: Latihan kekuatan hanya penting bagi yang ingin membentuk otot. Fakta: Latihan kekuatan penting buat semua orang, nggak hanya buat yang ingin berotot. Manfaatnya meliputi meningkatkan metabolisme, kesehatan tulang, dan fungsi otot.

4. Mitos: Makan malam setelah jam 7 malam bisa bikin gemuk. Fakta: Yang penting adalah total kalori yang kamu konsumsi dalam sehari, bukan jam makan malammu. Jadi, kalau kamu makan malam di atas jam 7 tapi masih dalam batas kalori harianmu, nggak masalah.

5. Mitos: Produk bebas gluten lebih sehat. Fakta: Gluten hanya berbahaya bagi mereka yang memiliki alergi gluten atau celiac disease. Jika kamu nggak punya kondisi ini, produk bebas gluten nggak perlu jadi prioritas.

6. Mitos: Olahraga pagi adalah waktu terbaik. Fakta: Waktu terbaik untuk olahraga adalah saat kamu merasa paling berenergi dan motivasi tinggi. Entah itu pagi, siang, atau malam, yang penting konsisten.

7. Mitos: Telur meningkatkan kolesterol. Fakta: Sebagian besar kolesterol dalam darah diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Telur, khususnya kuningnya, memang mengandung kolesterol, tapi konsumsi dalam batas wajar nggak akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung.

8. Mitos: Semakin banyak keringat saat olahraga, semakin banyak kalori yang terbakar. Fakta: Keringat adalah cara tubuh untuk mendinginkan diri, bukan indikator kalori yang terbakar. Jadi, nggak perlu pakai jaket tebal saat jogging, ya!

9. Mitos: Makanan organik bebas pestisida. Fakta: Makanan organik memang dikembangkan dengan penggunaan pestisida yang lebih sedikit dan alami. Tapi, bukan berarti 100% bebas pestisida.

10. Mitos: Minum susu setelah olahraga membantu pemulihan otot. Fakta: Ini FAKTA. Susu mengandung protein dan karbohidrat yang membantu pemulihan dan pertumbuhan otot pasca-olahraga.

Sobat Gen Z, jaman now informasi memang melimpah. Tapi, pastikan kamu cerdas dalam menyaring dan memverifikasi. Jangan sampai kebiasaan sehat yang kamu lakukan malah jadi bumerang karena mitos yang salah kaprah. Tetap semangat menjalani gaya hidup sehat dan selalu update informasi dari sumber terpercaya! 💪🥦🍎🏋️‍♀️🧘‍♂️🥤🍳🎧📚🤓🌍🎉

Share:

Related Post

Leave a Comment