HOTMAN Paris Hutapea Puji Gubernur DKI Anies Baswedan, Disarankan Berani Masuk Daerah Lawan Politik

BerandaJakarta.com – Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea memberi komentar terkait kinerja Gubernur DKI Anies Baswedan.

Nama Anies Baswedan masih menjadi pembicaraan di dunia maya dan kemarin pun menjadi trending topic di twitter.

Melalui sebuah akun youtube, Hotman Paris Hutapea berbicara terkait sosok dan kinerja mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada era Presiden Joko Widodo alias Jokowi ini.

Dalam pandangan Hotman, Anies kini telah banyak berubah, meski di masyarakat masih ada pro dan kontra.

Hotman tidak menjelaskan lebih detail pro dan kontra dimaksud, apakah juga terkait pemanggilan Anies Baswedan oleh Polda Metro Jaya.

Hanya saja, saran Hotman Paris kepada Anies Baswedan agar terus mendekat ke masyarakat, terutama masuk ke kantong-kantong ke daerah yang pada Pilkada 2017 tidak memilih Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Atau dengan kata lain, Anies Baswedan disarankan masuk atau berkomunikasi ke tempat atau sarang lawan politik yang sebelumnya tidak memilih dia.

“Saya melihat belakangan ini Pak Anies lebih baik, lebih mendekat ke masyarakat, itu yang saya lihat,” ujar Hotman Paris saat diwawancarai Geisz Chalifah, komisaris Ancol Taman Impian, kemarin.

Video wawancara Hotman Paris dengan Geisz Chalifah disiarkan di akun youtube dan twitter Geisz dan dikutip Warta Kota.

Hotman Paris mengakui bahwa sempat ada pro dan kontra ketika Anies Baswedan terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta. Tetapi hal itu sebagai sebuah kewajaran karena terkait pergantian pemimpin.

Untuk meredam hal itu, Hotman Paris menyarankan agar Anies Baswedan lebih banyak mendekat kelompok-kelompok yang sebelumnya tidak mendukung dirinya

“Saran saya Pak anies lebih dekat, turun lagi ke daerah, ke kantong-kantong yang dulu tidak memilih dia,” kata Hotman.

Menurut Hotman, dalam banyak kasus, ketidakpahaman atau misunderstading terjadi karena tidak tahu kondisi yang sesungguhnya.

“Mungkin kalau sudah tahu, saya selalu bertemu (Anies), it’s oke, tidak ada masalah. Bahkan kemarin waktu Hari Pahlawan dia kirim whatsapp saya. Selamat Hari Pahlawan,” ujar Hotman.

Anies mengucapkan selamat Hari Pahlawan kepada Hotman karena kakeknya adalah panglima perang raja Batak, Sisingamaraja, yang juga pahlawan nasional.

“Kakek saya ditembak Belanda. Ikut pahlawan Sisingamangaraja. Kakek saya kepala bagian perang. Dia (Anies) tahu.
Jadi secara personal Pak Anies bagus,” kata Hotman lagi

Perubahan Jakarta

Meski secara personal Hotman Paris Hutapea memuji Anies Baswedan, dia tidak menjelaskan secara detail terkait perubahan Jakarta saat ini.

Menurut Hotman, dia tidak bisa memberi komentar karena situasi sekarang masih belum normal terkait pandemi Virus Corona.

“Susah diukur karena sebagian warga Jakarta di rumah. Kemacetan juga belum ketahuan karena sebagian orang di rumah. tapi seperti biasa, banyak yang pro dan kontra,” ujar Hotman.

Hotman memuji Gubernur Anies Baswedan yang cepat merespon keluhan atau kritik dia terkait kebijakan pembatasan masuk ke Ancol Taman Impian bagi para manula (manusia lanjut usia).

Seperti diketahui, manajemen Ancol sempat membuat larangan orang berusia di atas 60 tahun di larang masuk kawasan rekreasi pinggir pantai tersebut.

Kebijakan itu diprotes Hotman Paris karena tidak benar dan terbalik.

Justru seharusnya, para manula diizinkan berolahraga di pinggir pantai Ancol supaya imunitas tubuh baik dan bisa menghadapi ancaman Virus Corona.

“Saya telepon Pak Gubernur. Saya jelaskan, justru umur 60 boleh masuk. Dan langsung berubah (kebijakan) itu. Oh ya ya. Orang umur 60 tahun boleh masuk,” kata Hotman.

Anies Diperiksa Polisi

Seperti diberitakan Warta Kota sebelumnya, Anies Baswedan diperiksa polisi sekitar 9 jam, Selasa (17/11/2020).

Anies keluar ruang pemeriksaan sekitar pukul 19.25, didampingi Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat.

Kepada sejumlah wartawan yang menunggu, Anies mengatakan ia dicecar 33 pertanyaan saat diperiksa penyidik mulai pukul sekira pukul 10.00 pagi.

“Alhamdulilah saya tadi telah selesai memenuhi undangan untuk memberikan klarifikasi dan prosesnya berjalan dengan baik. Kemudian ada 33 pertanyaan yang disampaikan menjadi sebuah laporan sepanjang 23 halaman,” kata Anies, Selasa malam.

Ia memastikan keterangannya ke penyidik sesuai fakta yang ada. “Semuanya sudah dijawab sesuai dengan fakta yang ada. Tidak ditambah tidak dikurangi. Adapun detail isi pertanyaan, klarifikasi dan lainnya, biar nanti menjadi bagian pihak Polda Metro Jaya untuk nanti meneruskan dan menyampaikan sesuai dengan kebutuhan. Itu saja terimakasih,” papar Anies.

Sebelumnya Anies Baswedan memenuhi panggilan Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Selasa (17/11/2020) pagi. Dia tiba pukul 09.55.

“Hari ini saya datang ke Mapolda Metro sebagai warga negara untuk memenuhi undangan dari polda. Saya diminta klarifikasi” ujar Anies singkat sembari masuk ke dalam Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Selasa (17/11/2020).

Ia mengatakan, surat panggilan sudah diterimanya Senin (16/11/2020). Dalam surat itu, dirinya diminta untuk memberikan klarifikasi, terkait kasus pelanggaran protokol kesehatan saat resepsi pernikahan anak Habib Rizieq Shihab.

Sebelumnya sebanyak 10 pejabat pemerintahan daerah DKI Jakarta mulai dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, hingga Ketua RT dan Ketua RW di Kelurahan Petamburan, Jakarta Pusat, memenuhi panggilan penyidik Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Selasa (17/11/2020).

Mereka diklarifikasi terkait dugaan pelanggaran penerapan protokol kesehatan saat gelaran resepsi pernikahan putri Habib Rizieq Shihab di Jalan Pakis Petamburan III, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2020) lalu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan undangan klarifikasi ini dalam rangka penyelidikan perkara pelanggaran protokol kesehatan atas terselenggaranya gelaran resepsi pernikahan putri Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Sabtu lalu.

“Kita lakukan penyelidikan oleh tim gabungan dari bareskrim dan dari Dit krimum Polda Metro Jaya sehingga kita undang 10 orang untuk klarifikasi hari ini, dari 14 orang yang kita layangkan surat klarifikasi,” kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Selasa (17/11/2020).

Sepuluh orang yang hadir dan tengah diperiksa atau diklarifikasi kata Yusri diantaranya Gubernur DKI Anies Baswedan, Walikota Jakpus Bayu Megantara, Kepala Biro Hukum Pemprov DKI, Kepala KUA Tanah Abang, Camat Grogol Petamburan, Lurah Petamburan, Ketua RT, Ketua RW, Kasatpol PP DKI dan Babinkamtibmas.

“Kita lakukan uji swab antigen atau tes rapid antigen Covid-19 terhadap semuanya sebelum diperiksa. Satu orang yakni Lurah Petamburan positif atau reaktif. Sehingga sekarang yang bersangkutan kita bawa ke rumah sakit Kramatjati untul dilakukan uji swab atau proses seperti biasa,” kata Yusri.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan klarifikasi kepada pihak pemerintah daerah, untuk menjelaskan status DKI saat ini.

“Kalau status DKI saat ini dalam keadaan PSBB, maka ada ketentuan lain ada kekarantinaan, karantina bentuknya juga macam-macam, ada karantina rumah, karantina rumah sakit, dan karantina wilayah. PSBB itu termasuk kekarantinaan. Jadi itu semua yang kita tanyakan,” papar Tubagus di Mapolda Metro Jaya, Selasa (17/11/2020).

“Pertanyaan kepada penyelenggara pemerintahan juga terkait bagiamana ketentuannya, apakah ada yang dilanggar tidak, kalau ada yang dilanggar, maka telah terjadi pidana, kalau telah terjadi pidana, maka dilakukan gelar perkara untuk menentukan dan dinaikkan ke proses penyidikan,” kata Tubagus.

Dalam hal ini katanya pihaknya juga mengagendakan memeriksa penyelenggara acara dan saksi nikah pada Rabu (18/11/2020) atau Kamis (19/11/2020).

“Kita alokasikan dua atau tiga hari ini untuk klarifikasi beberapa pihak. Hari ini kita jadwalkan klarifikasi penyelenggara pemerintahan, dan baru besok kita klarifikasi kepada elemen lain, yaitu penyelenggara resepsi dan lainnya,” kata Tubagus.

Ia menjelaskan mereka semuanya akan diklarifikasi terkait dugaan pelanggaran penerapan protokol kesehatan saat gelaran resepsi pernikahan putri Habib Rizieq Shihab di Jalan Pakis Petamburan III, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2020) lalu.

“Tahapannya saat ini adalah penyelidikan. Penyelidikan itu untuk menjawab satu hal yakni ada atau tidak adanya pidana. Saat ini dalam waktu dua tiga hari ke depan adalah tahap lidik. Makanya sifatnya undangan klarifikasi untuk menentukan ada atau tidaknya pidana. Jadi apa yang dipanggil dan sebagainya sangat bergantung dari hasil penyelidikan,” papar Tubagus.

“Setelah hasil klarifikasi, nanti baru dilakukan gelar perkara untuk melihat dan dinaikkan menjadi penyidikan. Setelah proses penyidikan berlangsung, nanti baru ditentukan siapa tersangka, itu tahapannya,” kata Tubagus.

Saat ini kata Tubagus pihaknya sudah memulai tahap pertama yaitu klarifikasi.

“Klarifikasi kepada siapa? satu pemerintah daerah dan kemudian ke penyelenggara dan saksi lainnya,” kata dia.

 

sumber: Tribunnews

Latest news

Keistimewaan Dan Kekurangan Iphone 12 Pro Max, Hak Fitur Fotografi Lebih Hebat Droila

Apple menghilangkan tahun 2020 lagi meluncurkan flaghsip terbarunya, ialah iPhone 12 series. Terdiri sejak rahmat perkakas, iPhone 12 Pro Max menjadi seri yang hak...

Inilah 10 Keunggulan Dengan Minus Apple Iphone 12 Pro

Ditulis sang Ananda Ganesha M - Diperbaharui 6 Juni 2021 Ketika Anda mengimpikan ponsel flagship yang bukan segolongan canggih namun juga kreatif, Anda tak entah...

Ini Jenis-Jenis Vaksin Dewasa yang Wajib Diketahui

Beranda Jakarta - Tidak hanya anak kecil, pemberian vaksin kepada orang dewasa juga sangat penting karena akan memberikan banyak manfaat untuk kondisi kesehatan. Manfaat...

Related news

Keistimewaan Dan Kekurangan Iphone 12 Pro Max, Hak Fitur Fotografi Lebih Hebat Droila

Apple menghilangkan tahun 2020 lagi meluncurkan flaghsip terbarunya, ialah iPhone 12 series. Terdiri sejak rahmat perkakas, iPhone 12 Pro Max menjadi seri yang hak...

Inilah 10 Keunggulan Dengan Minus Apple Iphone 12 Pro

Ditulis sang Ananda Ganesha M - Diperbaharui 6 Juni 2021 Ketika Anda mengimpikan ponsel flagship yang bukan segolongan canggih namun juga kreatif, Anda tak entah...

Ini Jenis-Jenis Vaksin Dewasa yang Wajib Diketahui

Beranda Jakarta - Tidak hanya anak kecil, pemberian vaksin kepada orang dewasa juga sangat penting karena akan memberikan banyak manfaat untuk kondisi kesehatan. Manfaat...